Berita Terbaru

Cara Mengetahui Ciri-Ciri OTak Psikolog

CerpenUpdate
- Para psikolog didominasi kecerdasan intrapersonal, maka untuk mengetahui ota mereka hanya perlu tahu ciri-ciri dari orang yang didominasi kecerdasan intrapersonal. Antara otak psikolog dan pemilik kecerdasan intrapersonal mempunyai banyak kesamaan, bahkan indentik.
Nah, seperti apa ciri-ciri orang psikolog itu? Yuk, mari kita baca uraian nya :
  1. Senang merekam atau mencatat apa yang dilakukannnya dalam diary, album foto, vidoe atau jurnal. Seseorang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal dalam kesehariannya selalu mencatat dan menyimpan apa pun memori yang didapatkannya. Semunya merupakan hal yang sangat berharga yang bisa dia pelajari dan ambil hikmah serta manfaatnya.
  2. Sering berbicara dengan diri sendiri mengenaui hatinya. Anda sering berbicara dengan diri anda sendiri? Jangan anda salah mengerti bahwa anda sudah gila. Ya, hal ini karena anda mempunyai bakat dalam kecerdasan intrapersonal. Seorang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal  sering berbicara kepada dirinya sendiri untuk mengetahui apa yang sebenarnya dicari, diinginkan dan membuatnya nyaman.
  3. Membuat tujuan dan cita-cita hidupnya sendiri. Anda mempunyai kecerdasan intrapersonal? Jika ya, mulai sekarang buat tujuan dan cita-cita hidupmu sendiri. Jangan biarkan orang lain, orng tua, atau lingkungan memengaruhimu dalam membuat rencana hidupmu pada masa yang akan datang.
  4. Senang melakukan yoga dan meditasi. Anda senang melakukan yoga dan meditasi? Itu artinya anda mempunyai kecerdasan intrapersonal. Ya, orang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal suka melakukan yoga dan meditasi. Hal ini bagi dia merupakan saat untuk memahami dirinya sendiri, berintropeksi dan mengeksplorasi kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri.
  5. Senang membuat tugas atau bekerja sendiri.Orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal senang bekerja sendiri karena dia tahu apa yang diinginkan dan apa yang harus dilakukannya. Selain itu, membuat tugas atau bekerja sendiri akan dapat menghasilkan produk yang memuaskan diri sendiri.
  6. Senang menentang dirinya sendiri. Orang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal ini senang menentang dirinya sendiri karena dia tahu apa yang dia inginkan, dia tahu batasan kemampuan dia dan dia tahu dirinya sendiri. Menentang diri sendiri berarti siap untuk meningkatkan kualitas diri atau upgrade diri.
  7. Suka membuat analisis tehadap kasus secara sendiri.
  8. Menghubungkan segala sesuatu yang mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari.
  9. Berpura-pura menjadi sesuatu atau seseorang untuk mencari tahu bagiamana rasanya menjadi orang lain.
  10. Tahu dan peduli terhadap batasan-batasan emosinya.
  11. Senang mencari pendekatan dan penyelesaian untuk mengeskpresikan perasaan dan pemikirannya.
  12. Mampu mengembangkan image atau citra diri sendiri yang ideal.
  13. Termotivasi mengidentifikasi dan tujuan.
  14. Sangat peduli dengan arti, hubungan, dan tujuan hidup.
  15. Sering mencoba mencari tahu dan mengerti berbagai macam pengalaman.
  16. Senang belajar tentang kekompleksan manusia, kehidupan, dan kondisinya. Seorang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal senang sekali jika menemukan permasalahan yang rumit. Karena baginya, kasus rumit adalah ilmu berharga yang siap untuk dicari solusi terbaik.
  17. Senang mengaktualisasikan diri. Seseorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal sebenarnya memiliki sifat yang cenderung intovert. Namun, dia bisa mengatur dirinya sendiri sehingga sifat tertutupnya tidak banyak keluar.
  18. Senang memberi saran atau menyemangati orang lain. Jika anda senang memberi saran atau menyemangati orang lain, berbanggalah karena bisa jadi anda mempunyai bakat kecerdasan intrapesonal. Kembangkanlah kecerdasan itu secara maksimal.
  19. Senang berkhayal. Orang yang suka berkhayal tidak hanya seniman saja. bahkan orang psikolog juga senang berkhayal. Khayal orang seniman dan orang psikolog itu berbeda, kalau seniman berkhayal mencari ide untuk membuat sebuah karya seni. Bagi psikolog, berkahyal berarti mencari apa yang ada di dalam hatinya, mengekplorasi kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirinya, atau juga bisa sedang berpura-pura menjadi orang lain.
  20. Pandai berintopeksi diri. Jika anda ingin menjadi orang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal yang tinggi, sering-seringlah berintropeksi diri. Hal ini memang sering dilakukan oleh orang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal. Dia melakukannya agar bisa semakin mengenal dirinya dan kepekaan terhadap orang lain.

Post a Comment

Previous Post Next Post