Berita Terbaru

Kancil dan Kura-Kura Sabar

CERPEN KITA (16/11/2015) - Kancil adalah binatang yang sangat cepat larinya, akan tetapi dia sangat sombong dan suka mengejek teman-teman binatang lainnya. Salah satunya adalah kura-kura yang mempunyai sifat pendiam dan sabar.

Kancil jantan selalu berteriak-teriak dengan keras dan lantang mengejek si Kura-kura dengan kata-kata yang menyakitkan. "Eh, kau adalah binatang yang terlambat di dunia apabila sedang berjalan, bahkan tidak tahu cara bergegas. Lucu sekali engkau ini. Aku yakin kau tidak dapat mengalahkanku bila kita berlomba lari!" kata Kancil kepada Kura-kura sambil mengejek.
Kura-kura menjawab dengan tenang, "ya, aku bisa mengalahkanmu."
"Oke, baiklah, kalau kau mau ditertawakan, kita akan berlomba," balas Kancil jantang dengan jengkel karena merasa tersinggung.

Suami-Isteri Kancil merencanakan perlombaan itu dengan baik. Dasar si Kancil yang cerdik, tapi juga licik, dia ingin mengelabui Kura-kura. Sebelum berangkat ke tempat lomba Kancil jantan memberi tahu Kancil betina agar dia membawa potongan batang bambu untuk dijadikan pluit dengan cara meniup

Rencana perlombaan tersebut terdengar oleh hewan-hewan lain yang ada di hutan tempat Kancil dan Kura-kura tinggal. Mereka tertarik sekali untuk melihat perlombaan tersebut sehingga berduyun-duyun datang ke tempat perlombaan.

Perlombaan pun dimulai. Kancil jantan yang sombong dengan keahliannya lari dengan kecepatan yang luar biasa sehingga dengan waktu singkat telah meninggalkan kura-kura yang masih jauh di belakang.

Kancil betikan duduk dibalik semak-semak dengan memegang sebatang bambu menunggu datangnya Kura-kura. Setelah kura-kura muncul segera kancil betina meniup batang bambu dan dengan cepat dia lari mendahului kura-kura.

Ular yang tadi melihat ulah kancil betina timbul curiga, karena dia tahu Kancil akan berbuat licik dengan mengelabui Kura-kura. Dengan cepat Ular pun mengejar kancil dan langsung melilit kaki kancil sehingga kancil tidak dapat berlari dan akhirnya jatuh terjerembab.

Melihat kancil jatuh, Kura-kura dengan pelan tapi mantap terus berjalan melewati Kancil menuju garis finish. Dan akhirnya Kura-kura sampailah di garis finish dan terdengar suara " gerrr . . . gerrr . . .". Hewan-hewan yang menonton sorak sorai karena senang melihat Kura-kura yang telah memenangkan lomba. Hewan-hewan berlarian memeluk si Kura-kura.

Kancil betina dengan sedih dan malu melihat kemenangan kura-kura. Sejak saat itu Kancil berubah sifat yang tadinya licik menjadi sifat sprotif dan bijak dan mau minta maaf pada Kura-kura.

Kancil pun disambut hewan-hewan yang lain dengan penuh persahabatan. Kancil jantan dan kancil betina keduanya berpelukan dengan kura-kura dan hewan lainnya.

SEKIAN, TAMAT

Post a Comment

Previous Post Next Post