Berita Terbaru

Kecerdasan Intrapersonal Sudah Ada Saat Bayi

kamedita - Saat masih bayi, seorang manusia biasanya egois. Hal ini dalam rangka menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Tidak hanya itu, dia juga selalu ingin diperhatikan dan selalu ingin menjadi prioritas. Di dalam hatinya, dia merasa bahwa dia satu-satunya yang harus diperhatikan. Tidak ada satu orang pun yang boleh mengabaikan dia.

Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan fisik dan otaknya, bayi atau anak akan melihat keadaan di sekitarnya. Jika lingkungan sekitarnya selalu membuat dia menjadi 'si nomor satu', maka si anak itu akan terus menjadi anak yang egois.

Berbeda jika anak itu kemudian dirangsang orang-orang di sekitarnya untuk peduli kepada orang lain. Lambat laun, dia akan menjadi pribadi yang tidak egois lagi, tetapi bertoleranis dan menghargai orang lain. Lebih jauh dari itu, si anak akan menjadi pribadi yang memahami apa yang dirasakan orang lain karen dirinya juga merasakannya.

Akan tetapi, tidak semua anak mampu memiliki hal itu. Hanya anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal yang tinggi yang biasanya dengan mudah mengerti akan lingkungan sekitarnya. Di samping tentunya dua juga merupakan produk dari hasil perangsangan oleh lingkungan sekitarnya.

Jadi, sekarang sudah jelas bahwa kecerdasan intrapersonal itu pada dasarnya sudah ada sejak kecil. Berikut ini adalah ciri-ciri anak yang mempunyai kecerdasan intrapersonal yang lebih daripada anak kebanyakan.

  • Mampu mengenali kemampuan dan kelemahan dirinya sendiri
  • Percaya diri dan suka menuruti nalurinya
  • Senang bekerja sendiri
  • Punya cita-cita yang jelas
  • Mampu berintropeksi
  • Mempunyai kesukaan dan ketidaksukaan
  • Bisa berlaku adil

Post a Comment

Previous Post Next Post