Berita Terbaru

Fakta Unik - Beberapa fakta unik tokoh dunia semisal, Kubilai Khan, Galileo Galilei, Abraham Lincoln, Johanen Brahms, Napoleon Bonaparte, dan Wilhelm Stainitz adalah layak Anda sima dengan seksama. Bkan karena kehebatannya, namun fakta-fakta unik yeng menyertai perjalanan kehidupan mereka.

1. Kubilai Khan

Kubilai KhanTentu anda mengenal tokoh Kubilai Khan, seorang kaisar Mongol yang sangat kejam dan kekspansif, namun memiliki sisi teloransi sangat tinggi itu. Percaya atau tidak, Kubilai Khan adalah tokoh pertama yang menyatakan bahwa hari-hari besar agama Islam, Budha, Kristen dan Yahudi dijadikan sebagai hari libur resmi kenegaraan. Pengertian lain, hari libur resmi kenegaraan pada tiap hari besar agama di dunia memang memungkinkan untuk dilakukan oleh Kubilai Khan, karena luasnya wilayah kekuasaannya itu.


2. Galileo Galilei

Galileo GalileiGalileo Galilei adalah manusia yang kurang beruntung selama hidupnya. Bahkan setelah mati, Galileo Galilei tetap mengalami kesulitan. Setelah pandangan-ilmiahnya tentang tata surya, ia berurusan dengan pihak gereja. Saat kematiannya pada tahun 1642, jasadnya tidak dikubur. Namun, jasad itu disimpan hingga tahun 1737 (+ 1 abad). Lebih tragis lagi, seorang bangsawan tega memotong tiga jari jasa Galileo Galilei sebagai kenang-kenangan. Dua dari jari itu kemudian dimiliki oleh seorang dokter Italia. Sedang jari ketiganya dipajang dengan menunjuk ke langit di atas tiang marmer di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence, Italia.

3. Abraham Lincoln

Abraham LincolnTahun 1831, Abrahan Lincoln mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Tahun 1832, ia menderita kekalahan dalam pemilihan tingkat lokal. Tahun 1833, ia kembali mengalami kebangkrutan. Tahun 1835, istrinya meninggal dunia. Tahun 1836, ia menderita tekanan mental yang sangat berat dan hampir masuk rumah sakit jiwa. Tahun 1837, ia kalah dalam kontes pidato. Tahun 1840, ia gagal dalam pemilihan anggota senat AS. Tahun 1842, ia menderita kekalahan untuk duduk di dalam kongres AS. Tahun 1848,  ia kembali kalam kongres. Tahun 1855, ia gagal dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden. Tahun 1858, ia kembali mengalami kekalahan. Tahun 1860, ia berhasil menjadi presiden Amerika Serikat.

Johannes Brahms

4. Johannes Brahms

Johannes Brahms (1833-1897) merupakan komposer besar Jerman. Ia salah seorang yang sangat membeci binatang. Di kala santai atau sedang mencari inspirasi, komposer ini sering naik ke loteng rumahnya dan mempersiapkan busur dan anak panah. Di sana ia memanah kucing-kucing milik tetanggganya. Kebiasaan buruk ini terus dilakukannya hingga sepanjang hidupnya.


Napoleon Bonaparte

5. Napoleon Bonaparte

Saat berperang di Timur Tengah (1790), Napoleon Bonaparte bermaksud melepaskan 1.200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis. Saat menginspeksi pasukan Napoleon terserang batuk berat hingga mengatakan “Ma scre toux” (batuk sialan). Namun perwira pendamping Napoleon menangkap bahwa sang jederal mengatakan “Maccacrez Tous” (bunuh semua). Akhirnya, seluruh tawanan Turki itu dibunuhnya.

Wilhelm Steinitz

6. Wilhelm Steinitz

Di masa jayanya, Wilhelm Steinitz, adalah salah seorang pemain catur paling cemerlang di dunia. Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti kegilaan. Sering menelpon seseorang tanpa menggunakan telepon, atau bermain catur tanpa menyetuh bidak. Puncak kegilaannya terjadi saat Steinitz mengumumkan pada masyarakat luas, bahwa ia hendak menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur satu bidak dalam pertandingan tersebut

Post a Comment

Previous Post Next Post