Berita Terbaru

Fakta-Fakta Unik Dalam Dunia Musik

Fakta Unik - Hampir dipastikan bahwa setiap orang di dunia ini menyukai musik baik beraliran klasik, rock, jazz, country, blues, reagee, bosanova, maupun dangdut. Namun hanya sedikit dari mereka yang mengetahui tentang fakta-fakta unik dalam dunia musik. Anda ingin tahu? Berikut deskripsinya.

1. Judul Lagu Terpanjang
Tahukah Anda kalau ada lagu yang tercatat memiliki judul terpanjang dalam sejarah penciptaan lagu di dunia? Lagu ini berjudul I’m a Cranky Old Yank in a Clanky Old Tank on the Streets of Yokohama with my Honolulu Mama Doin’ Those Beat-a, Beat-o Flat-on-My-Seat-o, Hirohito Blues. Hoagy Carmichael sang penulis lagu tersebut akhirnya membongkar rahasia pada tahun 1943. Di mana lagu itu semula berjudul I’m a Cranky Old Yank. Namun karena ia ingin membuat lelucon, judul lagu itu ditambah dengan beberapa kata.

2. Musisi Peraih Grammy Awards Terbanyak
Michael Jackson tercatat sebagai musisi yang berhasil meraih piala Grammy terbanyak dalam sejarah. Hingga akhir hanyatnya, ia berhasil mengumpulkan 8 piala bergengsi itu.

3. Komposisi Piano Terpanjang dalam Sejarah
Komposisi piano terpanjang dalam sejarah adalah komposisi karya Erik Statie yang berjudul Vexations. Terbilang 180 not dalam komposisi tersebut dan selaras dengan urutan yang dibuat sang pencipta. Lagu yang memerlukan sepuluh pianis untuk mentuntaskannya itu pun harus diulang hingga 840 kali. Pertama kali, Vexations dipentaskan pada bulan September 1963 di Pocket Theater, New York City, the United States.

4. Video Pertama yang Ditayangkan MTV
Video pertama yang ditayangkan di MTV adalah lagu “Video Killed the Radio Star” milik Bunggles pada tanggal 1 Agustus 1981. Sekitar 16 tahun kemudian, pada tanggal 27 Februari 2000, MTV menayangkan video itu sebagai yang ke satu juta. Video ini juga menjadi video nomor 3 yang paling sering diputar di MTV. Urutan pertama diduduki oleh Peter Gabriel melalui lagu Sledgehammer.

5. Hari Bersejarah bagi Lagu Kebangsaan Inggris
Tanggal 9 Februari 1909 tercatat sebagai hari bersejarah bagi lagu kebangsaan Inggris. Pada hari itu, lagu “God Saves The King” dimainkan 17 kali beturut-turut oleh band militer Jerman di stasiun kereta api Rathenau, Brandenburg. Saat itu, Raja Edward VII yang seharusnya muncul dari dalam gerbong kereta sambil diiringi lagu itu ternyata mengalami kesulitan untuk mengenakan seragam Field-Marshall Jerman. Maka band militer Jerman terpaksa harus mengulangi lagi itu sampai Raja Edward VII muncul.

6. Video Klip Pertama dari Musisi Kulit Hitam
Video klip lagu Billie Jean milik Michael Jackson tercatat sebagai video klip pertama dari musisi berkulit hitam yang ditayangkan di MTV.

7. Rockstar Pertama yang ditangkap di Atas Panggung
Jim Morrison, vokalis band The Door tercatat sebagai rockstar pertama yang ditangkap polisi saat tengah di atas panggung.

Post a Comment

Previous Post Next Post